Rabu, 02 Januari 2013

Apa Itu Jabon?

Apa Itu Pohon Jabon?

Apa itu jabon
Apa itu pohon Pohon Jabon?, Tahukah anda Jabon? Jabon adalah tanaman kayu yang saat ini sedang menjadi trending topik agro bisnis, Pohon jabon atau sang sering dikenal dengan jati bongsor memiliki nama ilmiah “Anthocephalus Candaba“ yang merupakan tanaman kayu dengan pertumbuhan paling cepat didunia. rata-rata tanaman jabon ini bisa tumbuh diameter mencapai 10cm/tahun dengan tinggi mencapai 25 meter diusia 5 tahun. Tanaman ini saat ini sedang marak dibudidayakan karena kayu jabon merupakan salah satu bahan baku industri yang sangat diperlukan, kegunaan dari kayu jabon ini antara lain sebagai bahan baku pembuatan kayu lapis, kertas, pulp, furniture, dan berbagai jenis kayu olahan lainya.

Kualitas dari kayu jabon cukup bagus, karena memiliki tekstur kayu yang halus dan tidak berserat selain itu tanaman jabon ini memiliki batang yang lurus sehingga sangat cocok dijadikan bahan baku industri perkayuan. Namun kelemahan kayu ini adalah tidak tahan lama jika tidak diolah dengan metode tertentu, tapi beberapa waktu belakangan banyak pelaku industri yang mengolah kayu jenis ini dengan teknologi terbaru sehingga kayu jabon disulap menjadi kayu keras yang kualitasnya tidak kalah saing dengan kayu jati.

Industri Kayu Jabon
Berikutnya kita bahas mengenai harga dan pemasaran dari kayu jabon, masalah harga kayu jabon bisa dibilang sedikit lebih mahal jika dibanding dengan kayu sengon. Jabon usia 5 sampai dengan 6 tahun akam menghasilkan rata-rata 0,9m3 kayu jabon dan harga 1m3 kayu jabon berkisar antara 800ribu sampai 1,2jt rupiah. Hanya saja kayu jabon ini hanya bisa dijual dalam partai besar dan jika terpaksa dijual dalam ukuran batangan bisa jadi harganya sangat murah dan dibeberapa tempat kayu ini tidak laku, karena kayu jabon ini hanya laku dijual di perusahaan industri perkayuan.

Prospek budidaya tanaman jabon cukup potensial hal ini bisa dilihat dari kebutuhan kayu di Indonesia yang meningkat setiap tahunya namun persediaan kayu yang ada semakin menipis, bahkan beberapa tahun yang lalu pemerintah Indonesia mencabut semua izin penebangan hutan alam untuk bahan baku industri. Jadi semua pelaku industri perkayuan wajim menanam dulu baru mengolah, dan dengan keadaan seperti demikian banyak perusahaan industri kayu yang gulung tikar karena kekurangan bahan baku, jadi bisa kita lihat jika bisnis dibidang budidaya pohon jabon ini sangat bagus sampai kapanpun,
Load disqus comments

0 komentar